Powered By Blogger

Kamis, 15 Desember 2011

Kumpulan tentang pengetahuan dunia...

Beberapa negara di dunia diambil nama tokoh.

Negara-negara tersebut adalah -
Bolivia, diambil dari nama Simon Bolivar;
Colombia diambil dari nama Christopher Columbus,
Nicaragua diambil dari nama kepala suku Nicarao,
Liechtenstein diambil dari nama Johann von
Liechtenstein,
Saudi Arabia diambil dari nama Raja Saud,
dan Filipina diambil dari nama Raja Phillip.
Amerika Serikat pun namanya diambil dari nama
seseorang, yaitu nama penjelajah Amerigo Vespucci.

========================================================


SOUND OF SILENCE

Bila mencari tempat sunyi menjadi tujuan utama wisata anda, mungkin anda patut memperhitungkan desa-desa suku Mabaan di Sudan sebagai tujuan wisata. Kepercayaan penduduk desa-desa suku Mabaan melarang hampir segala macam bunyi. Sedapat mungkin mereka berkomunikasi dengan bahasa isyarat.

Di desa-desa suku Mabaan, suara yang biasa terdengar cuma lenguhan sapi atau rintik hujan. Berkat kebiasaan yang telah dipelihara berabad-abad ini, pendengaran para anggota suku Mabaan terkenal sangat baik. Para anggota suku yang telah berusia sangat lanjut jarang menderita kurang pendengaran. Terkadang pendengaran mereka masih sama baiknya dengan
pemuda normal di usia dua puluhan.

Bila dibandingkan dengan suku-suku lain di daerah Sudan, pendengaran para anggota suku Mabaan terkenal sangat tajam. Terkadang mereka dapat mendengar bisikan pembicaraan manusia dari jarak 80 hingga 100 meter.



========================================================


ASPIRIN

Asal dari obat yang dikenal dengan "Aspirin" - ternyata dari jaman Yunani kuno, dan diperkenalkan oleh Bapak Para Dokter se-dunia - yaitu Hippocrates. Tentu saja Hippocrates tidak menyebut Aspirin, melainkan menyebut tumbuhan bernama Willow yang bila batangnya dikeringkan dan dijadikan bubuk, dapat menghilangkan rasa sakit.

Ribuan tahun berlalu, hingga di tahun 1829, para ilmuwan berhasil mengisolasi bahan dalam tumbuhan Willow yang berfungsi meredakan rasa sakit. Bahan tersebut bernama Salicin. Repotnya, bahan ini memang bikin kepala plong tapi bikin perut memberontak - manfaat dan mudaratnya sama besar. Tentu saja harus ada jalan keluar. Di tahun 1853, seorang ahli kimia Perancis bernama Charles Frederic Gerhardt berhasil menetralkan Salicin alami menjadi Asam salisilat (Salicylic Acid) lewat buffering dengan Natrium dan Asam Asetat. Asam salisilat ini lebih
"ramah" terhadap perut.

Di tahun 1899, seorang ahli kimia Jerman, bernama Felix Hoffmann, yang bekerja bagi Bayer, menemukan kembali formula Gerhardt. Hoffmann membujuk Bayer untuk memasarkan obat itu, yang selanjutnya muncul di pasar dengan nama pasaran "Aspirin".



=======================================================


CLEOPATRA

Menyebut Cleopatra - akan mengingatkan kita tentang ratu cantik jelita dari Mesir. Tapi sebentar, Cleopatra yang mana...? Karena ternyata dalam sejarah Mesir Kuno - terdapat TUJUH ratu yang bernama Cleopatra.

Lalu dari ketujuh Cleopatra tersebut, mana yang paling terkenal dan juga tercantik..? Ia adalah Cleopatra VII. Sedemikian jelitanya ratu yang satu ini, sampai bisa memikat hati dua penguasa Romawi yaitu Julius Caesar dan Mark Anthony, di dua jaman berbeda.

Akibat daya tarik Cleopatra ini pula, Triumvirate (tiga penguasa) Romawi jadi bertikai satu sama lain. Demi mendapatkan Cleopatra, Mark Anthony rela meninggalkan istrinya, yang merupakan adik Octavianus.
Terang saja Octavianus marah besar. Ia pun menyerang Mark Anthony dan Cleopatra dengan menggunakan armada tempurnya. Pasukan Mark Anthony dan Cleopatra kalah dalam pertempuran di Actium, Yunani tahun 33 sM.

Bak drama Romeo dan Juliet yang terlalu cepat 15 abad - Mark Anthony dan Cleopatra bermaksud meneruskan cinta mereka di "alam baka". Keduanya bunuh diri. Mark Anthony bunuh diri dengan menikam diri menggunakan pedang, dan akhirnya meninggal di pangkuan Cleopatra. Sementara sang ratu melakukan bunuh diri dengan membiarkan dirinya dipatuk ular Asp (Kobra Mesir).

Setelah meninggalnya Cleopatra, Mesir jatuh dalam kekuasaan Octavianus, yang selanjutnya menjadi Kaisar Terbesar Romawi - dengan nama baru : Kaisar Augustus, yang namanya sekarang kita pakai sebagai nama bulan ini...



=======================================================


Boerhaave, seorang dokter Belanda dan penulis buku "Elementa Chemiae", meninggal tahun 1738. Sebelum wafat ia meninggalkan sebuah buku tebal bersegel dengan judul "The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art" (Rahasia paling mendalam dan satu-satunya dalam Seni Pengobatan).

Buku tersebut dilelang, dan sang pemenang lelang yang telah mengeluarkan uang senilai $ 20.000 dalam emas membawa pulang buku itu. Saat segel dibuka, ia menemukan bahwa 99 dari 100 halaman buku itu adalah kosong. Selain sampul depan, cuma terdapat tulisan pendek: "Jaga diri untuk tetap tenang, jaga kaki agar tetap hangat, dan kamu akan membuat dokter terbaik sekalipun menjadi miskin."



======================================================


Laut yang airnya paling jernih di bumi terdapat di laut Weddell, yang terletak di lepas pantai Antartika, Kutub Selatan.

Berdasarkan penelitian para ahli dari Institut Alfred Wegener pada tanggal 13 Oktober 1986, sebuah piringan bernama Secchi Disk yang telah ditenggelamkan hingga kedalaman 262 feet atau sama dengan kedalaman 79,8 meter, masih dapat terlihat jelas dari permukaan. Tingkat kejernihan seperti ini hanya mungkin dicapai oleh air suling murni.



=====================================================


Apa yang membuat cabe terasa pedas.?

Ada zat di dalam cabe bernama capsaicin yang menjadi biang rasa pedas. Zat ini sedemikian kuat hingga hanya dalam jumlah sedikit telah memberi efek yang kuat.

Lalu bagaimana caranya hingga rasa pedas muncul.? Pada indera perasa kita terdapat beberapa lapisan molekul penerima rasa sakit (pain sensor) yang bereaksi terhadap molekul capsaicin. Selain oleh capsaicin, penerima rasa sakit ini juga diaktifkan oleh panas, asam, dan berbagai reaksi kimia lainnya.
Begitu capsaicin bersentuhan dengan penerima rasa sakit, maka sistem perasa kita bereaksi dan mengakibatkan rasa "pedas". Selanjutnya tubuh bereaksi dengan meningkatkan metabolisme, sama seperti saat menghadapi serangan penyakit.

Bagaimana menghilangkan rasa pedas.? Jangan menggunakan air, karena akan sia-sia. Molekul capsaicin sulit terlarut oleh air. Lebih baik menggunakan susu, karena susu dapat mengikat capsaicin - sehingga rasa pedas lebih cepat hilang, karena terikat pada susu yang mengalir ke lambung.



==========================================================


Beberapa negara di dunia diambil nama tokoh.

Negara-negara tersebut adalah -
Bolivia, diambil dari nama Simon Bolivar;
Colombia diambil dari nama Christopher Columbus,
Nicaragua diambil dari nama kepala suku Nicarao,
Liechtenstein diambil dari nama Johann von
Liechtenstein,
Saudi Arabia diambil dari nama Raja Saud,
dan Filipina diambil dari nama Raja Phillip.
Amerika Serikat pun namanya diambil dari nama
seseorang, yaitu nama penjelajah Amerigo Vespucci.



==========================================================


Satu-satunya benda buatan manusia yang dapat dilihat dari permukaan Bulan adalah Tembok Besar Cina. Tembok utamanya berdiri sepanjang 3.400 Km, atau hampir tiga kali panjang negara Inggris.

Tembok utama diselesaikan di masa pemerintahan Kaisar Shi Huang Ti (221 - 210 sM) , yang kemudian diperpanjang hingga 2.800 Km oleh dinasti-dinasti berikutnya. Ketinggian tembok bervariasi antara 4,5 hingga 12 meter, sedangkan ketebalannya mencapai 9,75 meter.
Tembok ini merentang dari Shanhaikuan di Teluk Bohai, hingga ke Yumenguan, dan Yang Guan. Beberapa bagian tembok sepanjang 60 Km telah dihancurkan untuk pembangunan bendungan.

Di bulan Maret 1985, sebuah laporan dari tim penyelidik Pemerintah China berdasarkan penelitian selama 5 tahun berhasil membuktikan bahwa panjang total Tembok Besar China mencapai 9.975 Km. Beberapa kalangan masih meragukan laporan ini.

Berlawanan dengan kepercayaan umum Tembok Besar China bukan diciptakan untuk membendung serangan penyamun yang tinggal di sekitar wilayah itu. Para penyamun sebenarnya dapat dengan mudah melewati tembok itu dengan menggunakan tangga, tetapi saat akan membawa barang rampasan, mereka akan kesulitan membawa ternak ataupun barang-barang besar lainnya melewati tembok. Dan itulah fungsi tembok besar China sebenarnya.. .



===========================================================


Menurut para ilmuwan, hewan yang memiliki suara paling keras adalah Ikan Paus Biru. (Balaenoptera musculus), yang juga menyandang gelar sebagai hewan terbesar di bumi. Suara Ikan Paus Biru lebih keras daripada suara motor Harley Davidson. Lebih keras daripada suara konser rock yang paling keras. Lebih keras dari ledakan bom.

Seberapa keras...? 188 desibel...!! ! Angka ini sama dengan 1 juta kali suara mesin jet (yang mencapai tingkat kekerasan suara 120-130 desibel). Perlu diingat bahwa tingkat kekerasan suara bertambah secara logaritmis. Ini berarti setiap kenaikan 10 desibel berarti peningkatan intensitas suara hingga 10 kali.

Ini adalah salah satu alasan bagi kita semua untuk bersyukur... Untung saja ikan paus tinggalnya di dalam laut.



===========================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar